Kecamatan Bojongsari Luncurkan Program ‘Karam Lantas’ Inovasi Pelayanan Publik Bagi Masyarakat Lebih Nyaman

banner 120x600

Depok || Radarpost.id

Harapannya, program layanan ini dapat menjadi model percontohan bagi kantor Kecamatan Bojongsari. Penyediaan fasilitas serta layanan bagi penyandang disabilitas sebagai tindaklanjut arahan bapak Walikota Depok, dilingkungan Pemerintah Kota Depok, khususnya di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bojongsari, Suhendar, SP, mengatakan, dalam memberikan pelayanan pada disabilitas dan lansia, pihaknya telah menyediakan sarana dan prasarana. Misalnya, menyediakan jalur khusus, areal pakir, loket pelayanan prioritas dan bangku prioritas bagi disabilitas.

“Kami menggagas aksi perubahan peningkatan pelayanan publik melalui Kantor Ramah Lansia dan Disabilitas (KARAM LANTAS) di Kecamatan Bojongsari,” ungkap Suhendar, Rabu (27/08/2025) saat di kantornya.

Hal ini dilakukan tambah Suhendar, karena kantor Kecamatan yang dibangun pada tahun 2008 belum dilengkapi fasilitas yang ramah lansia dan penyandang disabilitas.

“Kita juga siapkan petugas khusus yang sudah terlatih dalam memberikan pelayanan pada disabilitas dan lansia,” tandasnya.

‎Pemerintah Kecamatan Bojongsari terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan publik dengan mengimplementasikan KARAM LANTAS.

“Fasilitas yang disediakan antara lain jalan landai dari beton untuk kursi roda, toilet khusus disabilitas, dan ruang tunggu pelayanan khusus,” ucap Suhendar.

‎Suhendar menekankan pentingnya memberikan pelayanan dengan rasa aman dan nyaman untuk seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

“Dirasa perlu untuk memberikan pelayanan dengan rasa aman dan nyaman dalam memberikan pelayanan untuk seluruh masyarakat Kecamatan Bojongsari tanpa terkecuali,” ujarnya.

‎Dengan adanya KARAM LANTAS, Kecamatan Bojongsari berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, terutama lansia dan penyandang disabilitas.

Fasilitas yang disediakan diharapkan dapat memudahkan aksesibilitas dan meningkatkan kenyamanan bagi pengguna layanan.

“Harapannya, program layanan ini dapat menjadi model percontohan bagi kantor yang ada di kelurahan,” tandanya. (**).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *